Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Teliti Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Unit Link, Ini Tipsnya

9 Oktober 2023


Beberapa waktu lalu, keluhan terkait asuransi jiwa berbalut investasi atau yang dikenal dengan nama asuransi jiwa unit link sangat ramai. Asuransi unit link mendapat sorotan tajam dari masyarakat karena dianggap tidak memberikan imbal investasi yang sesuai dengan ilustrasi awal. Sekadar informasi, asuransi unit link adalah jenis asuransi yang mengombinasikan dua produk, yakni asuransi dan produk investasi. Nah, keberadaan nilai investasi itulah yang menjadi nilai jual asuransi unit link untuk memikat calon nasabah.

Agar tidak dikecewakan oleh produk asuransi unit link, nasabah harus bijak dan mempelajari dengan saksama sebelum membeli produknya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan seorang calon nasabah sebelum membeli asuransi unit link:

Sesuaikan Asuransi Unit Link dengan Kemampuan
Semakin banyak proteksi yang dipilih maka biaya premi asuransi yang dibebankan berpotensi lebih tinggi. Jadi, sesuaikan produk asuransi unit link yang akan dibeli dengan kebutuhan proteksi dan kemampuan Anda untuk membayar premi.

Pahami Risiko Investasi dalam Asuransi Unit Link
Nasabah asuransi unit link harus siap dengan risikonya, yaitu fluktuasi nilai investasi. Pada momen tertentu, hasil investasi dari asuransi unit link bisa untung. Namun pada momen lainnya bisa rugi. Sebaiknya fokus kepada manfaat yang diterima dari asuransi jiwa pada asuransi unit link dan tidak mudah tergoda iming-iming imbal hasil besar dan tetap.

Baca dan pahami polis asuransi unit link
Baca semua isi polis. Lalu tanyakan bagian-bagian yang tidak Anda mengerti. Cara ini bisa meminimalkan kesalahpahaman pada kemudian hari. Terutama ketika proses klaim. Memahami biaya yang harus dibayarkan

Kadang, nasabah merasa tertipu karena merasa perusahaan dan agen tidak transparan menyangkut biaya-biaya pembelian unit link. Mulai dari sekarang, Anda wajib bertanya perihal biaya-biaya yang harus dibayarkan selama masa asuransi agar kejadian tidak mengenakkan pada masa mendatang bisa dihindari.

Butuh bantuan ?