Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Atur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Investasi

12 September 2023



Ada banyak pasangan suami-istri yang belum bisa mengatur keuangan rumah tangga sehingga jumlah pengeluaran biasanya lebih besar daripada pendapatan. Banyak faktor yang menyebabkan pengeluaran rumah tangga terlalu boros. Di antaranya pengeluaran untuk kebutuhan sekunder dan tersier yang terlalu besar.  Bila Anda punya permasalahan yang sama, ada baiknya menyimak tips Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros dan Bisa Investasi berikut ini:

Pisahkan Dana
Anda dapat memisahkan dana untuk kebutuhan harian dan kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan yang bisa dipisahkan ini antara lain kebutuhan belanja bulanan, biaya sekolah, dana darurat, dan investasi. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah mengukur kebutuhan dana yang belum mencapai target.

Baca Juga: Milenial Tidak Bisa Beli Rumah? Ayo Berinvestasi

Hindari Pengunaan Kartu Kredit
Hindari sering belanja menggunakan kartu kredit. Contoh, seseorang dengan gaji Rp10 juta memutuskan belanja menggunakan kartu kredit sebesar Rp15 juta. Tipe pengguna kartu kredit seperti ini bakal menemui masalah pada bulan berikutnya. Sebab, gajinya tidak mampu menutup beban utang kartu kredit yang harus dibayarkan. Alhasil tagihan membengkak dan pengguna kartu kredit akan mendapatkan sanksi dari bank.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Reksa Dana Saham Buat Investasi pada 2023

Catat Cashflow
Tahapan pencatatan cashflow sangat simpel. Anda dan pasangan hanya perlu mencatat pengeluaran per hari/ per minggu. Lalu lakukan evaluasi pada bulan berikutnya. Coret barang-barang yang dirasa tidak perlu atau tak mendesak untuk digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya lagi pada bulan berikutnya. Jangan lupa juga alokasikan anggaran untuk menabung dan melakukan investasi jangka panjang.

Baca Juga: Rekomendasi Reksa Dana Saham, Buat Investasi pada 2023

Miliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan
Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, bisa jadi Anda punya uang lebih untuk ditabung atau menempatkan pendapatan ke instrumen finansial lainnya. Misal, investasi dan asuransi. Dengan berasuransi, Anda bisa mencegah uang tabungan tergerus bila sewaktu-waktu sakit. Berinvestasi juga pantang dilupakan agar nilai dari uang yang Anda miliki pada saat ini tidak turun pada masa depan.

Butuh bantuan ?