Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Belanja yang Sehat saat Musim Liburan

13 September 2022



Rasa bahagia muncul tiap kali musim liburan tiba. . Bagi sebagian orang, momen ini dijadikan masa yang tepat untuk travelling serta berbelanja. Anda juga punya kebiasaan demikian? Boleh-boleh saja. Asal, Anda melakukan tips-tips berikut ini terlebih dahulu: 

•    Susun Daftar Belanja 
Susun dengan saksama daftar barang-barang yang perlu Anda belanjakan. Utamakan barang yang memang urgent untuk dibeli. Misal, membeli tas baru karena tas lama sudah rusak atau membeli sepatu baru untuk kebutuhan liburan. Sebuah cara sederhana yang bisa membantu Anda agar pengeluaran selama musim liburan tidak melebihi budget yang sudah disiapkan. 

•    Buat Jadwal Belanja 
Ada baiknya buat jadwal belanja dan sebisa mungkin tidak lebih dari dua kali selama masa liburan. Dengan begitu, Anda tidak muncul rasa impulsif untuk berbelanja setiap pekan atau setiap mengunjungi tempat-tempat wisata baru.

Baca Juga
Pelajaran Investasi Jangka Panjang dari Hometown Cha Cha Cha
Reksa Dana Agar Nasib Tidak Seperti Sang Woo di Squid Game
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
Ekonomi Indonesia Pulih, Apa Pilihan Investasi yang Tepat?
Mau Cuan? Ini Jenis Investasi yang Populer dan Layak Dicoba

•    Susun Anggaran Belanja
Tetapkan anggaran pasti untuk belanja saat travelling. Misal, Rp3 juta untuk road trip dan Rp3 juta untuk membeli barang impian. Dengan cara itu, Anda akan nyaman di destinasi wisata serta berusaha untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan menggunakan bujet sesuai anggaran.

Intinya, semua tips itu harus dijalani dengan tekad yang kuat. Dengan begitu, Anda bisa menjalani hidup secara seimbang selama musim liburan. Seimbang dalam artian tabungan masih bisa digunakan untuk travelling, belanja, serta untuk pos keuangan seperti dana darurat,  utang, dan tabungan masa depan termasuk investasi serta asuransi.

Butuh bantuan ?