Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Investasi Biar Cuan, Anda Harus Paham!

26 Juli 2023



Ingin investasi namun tak memiliki pemahaman yang cukup? Atau justru ingin berinvestasi tapi merasa minder lantaran tak memiliki modal yang besar? Tenang, semua keraguan dan ketidaktahuan Anda tentang investasi bakal terjawab di artikel ini. Intinya, tips-tips berikut ini bisa menambah wawasan tentang investasi sehingga Anda dapat berinvestasi dengan sukses dan nyaman.

Mulai Investasi dengan Modal yang Kecil
Investor pemula sebaiknya mulai investasi dengan modal yang kecil. Ini dilakukan agar Anda tidak rugi dalam jumlah yang besar bila investasi tidak berjalan sesuai harapan. Lalu, sebaiknya pilih instrumen investasi yang berisiko rendah dan sudah memiliki performa yang baik selama beberapa tahun terakhir.

Jangan Panik Ketika Melakukan Investasi
Sebaiknya jangan panik ketika investasi sedang lesu dan jangan tamak ketika investasi sedang cuan. Usahakan diversifikasi investasi sebagai langkah antisipasi seandainya salah satu intrumen investasi mengalami kerugian

Jangan Terlalu Sering Memantau Kinerja Investasi
Bila ingin berinvestasi dengan pikiran yang aman dan tenang sebaiknya jangan terlalu sering memonitor perkembangan investasi. Terlalu sering memantau atau memonitor kinerja investasi justru bisa menimbulkan rasa khawatir dan Fear Of Missing Out (FOMO). Idealnya, pantau investasi beberapa kali dalam sebulan.

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

Jenis Investasi yang Bisa Dipilih
1. Reksa dana

Reksa dana cocok untuk investor pemula yang tidak memiliki cukup waktu, pengetahuan, dan pengalaman untuk secara aktif mengelola investasi jangka panjang. Karena dalam praktiknya, modal dari investor akan dikelola oleh Manajer Investasi. Investasi reksa dana bisa dimulai dengan modal yang cukup rendah yakni mulai dari Rp100.000.

2. Saham
Investasi saham adalah investasi jangka panjang yang banyak diminati karena produk ini cenderung memberikan profit yang lebih besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, keuntungan yang tinggi tentu diikuti dengan risiko kerugian yang juga tinggi.

3.    Emas
Emas menjadi salah satu produk investasi favorit banyak orang. Menjadi favorit karena bisa dimulai dengan modal kecil namun memberikan imbal yang lumayan menguntungkan karena harga emas cenderung naik setiap tahun. Anda bisa investasi emas dalam bentuk emas perhiasan, emas batangan, logam mulia. Proses pembeliannya dapat dilakukan secara offline maupun online.

Butuh bantuan ?