Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Memilih Asuransi Critical Illness

10 Januari 2024



Asuransi adalah produk keuangan yang berguna untuk mengantisipasi kemungkinan risiko finansial yang bisa terjadi pada masa depan. Misa, kerugian yang diakibatkan oleh urusan kesehatan atau kerugian finansial yang disebabkan musibah meninggal dunia/cacat total tetap. 

Salah satu asuransi yang direkomendasikan untuk dimiliki adalah i critical illness atau asuransi penyakit kritis. Asuransi ini berguna untuk mengantisipasi biaya pengobatan penyakit kritis yang sangat besar dan beragam risiko lain yang bisa ditimbulkan oleh penyakit kritis. 
 

Baca Juga: Asuransi Kesehatan dan Asuransi Penyakit Kritis Sequis

Nantinya, asuransi critical illness akan membayarkan klaim dalam bentuk santunan bila nasabah terdiagnosis penyakit kritis. Jenis-jenis penyakit yang termasuk dalam kategori kritis biasanya dijelaskan secara mendetail dalam berkas polis asuransi. Dalam polis asuransi juga ada dijelaskan mengenai pada stadium berapa baru manfaat akan dibayarkan.

Berikut ini berbagai hal penting yang perlu dipahami mengenai asuransi critical illness

◢    Pahami manfaat dari penyakit kritis yang ditanggung
Pahami definisi penyakit kritis yang tercantum di buku polis agar bisa mendapatkan manfaat asuransi secara maksimal serta tidak terjadi kesalahpahaman pada masa depan. Hal lainnya yang perlu diketahui adalah jenis penyakit ditanggung dan syarat pembayaran manfaat produk. Ada asuransi penyakit kritis yang menanggung 36 penyakit kritis, ada yang jumlahnya lebih. Ada yang membayarkan manfaat dimulai dari tahap awal tapi ada yang hanya di tahap kritis. 

Baca Juga: Asuransi Kesehatan & Penyakit Kritis, Perlu Punya Keduanya?

◢    Pahami makna Pengecualian dalam polis
Pengecualian adalah kondisi-kondisi yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi selama masa perlindungan. Bila Anda tidak ada sanggahan saat menerima polis, Anda dinyatakan setuju dengan syarat yang tercantum di Pengecualian. Artinya, bila Anda mengajukan klaim yang termasuk dalam pengecualian, otomatis pengajuan klaim pasti ditolak

◢    Ada Early Payout Critical Illness
Early Payout Critical Illness merupakan produk asuransi tambahan (rider) yang ditawarkan Sequis yang memberikan manfaat yang berbeda dengan produk Critical Illness karena produk ini menawarkan perlindungan atas penyakit kritis dengan lebih komprehensif, yakni sudah mulai menanggung biaya kesehatan tertanggung ketika terdiagnosa penyakit kritis pada tahap awal penyakit. 

Butuh bantuan ?