Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mengatur Keuangan dengan Bijak pada Pertengahan 2023

27 Juli 2023



Tahun 2023 sudah separuh jalan. Sejauh ini, badai resesi yang sempat digadang-gadang bakal terjadi secara masif pada 2023 belum mendekati kenyataan. Meski begitu, masyarakat pantang jemawa dan diimbau tetap mempertahankan perencanaan keuangan yang sudah dilakukan sejak awal tahun. Maklum, di tengah kondisi ekonomi yang masih 'adem-ayem', tren Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) (terutama di lingkungan kantor start-up) masih terus bergulir di Indonesia.

Sebagai langkah antisipasi menghadapi kejutan yang bisa saja terjadi pada semester 2023, ada baiknya mengambil beberapa langkah bijak berikut ini:

1.    Mengatur ulang pengeluaran
Ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi pos pengeluaran dan merinci kebutuhan pokok Anda serta keluarga. Pos pengeluaran yang terasa besar biasanya datang dari pengeluaran untuk hiburan. Ingat, tak perlu menghilangkan pos pengeluaran ini. Guna menekan bujet, ada baiknya mengurangi intensitas liburan hingga akhir tahun. Terutama liburan yang berpotensi membuat pengeluaran membengkak.

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

2.    Mengurangi atau melunasi utang
Lunasi utang yang masih 'menggantung'. Terutama utang dengan bunga yang besar. Bila ditunda, bunga utang bakal menjadi beban finansial Anda pada masa depan. Bila semua utang sudah lunas, usahakan untuk tidak membuka utang baru. Terutama utang konsumtif seperti membeli barang-barang elektronik dengan sistem cicil.

3.    Siapkan dana darurat
Idealnya, dana darurat yang harus disiapkan mencukupi kebutuhan sebanyak 3 hingga 6 bulan. Agar finansial Anda tetap aman hingga akhir 2023, sebaiknya Anda menyiapkan dana darurat sejumlah 12 kali pengeluaran per bulan. Dana darurat bakal sangat dibutuhkan bila Anda atau pasangan terkena musibah PHK atau butuh uang tunai untuk keperluan mendadak.

4.    Cari pendapatan tambahan
Bila memungkinkan, cari sumber pendapatan lain. Anda bisa mengikuti beragam pelatihan dan sertifikasi bidang lain atau yang masih terkait dengan pekerjaan maupun hobi. Nantinya, keahlian tersebut bisa digunakan untuk mencari pekerjaan sampingan. Pendapatan utama bisa dialokasikan untuk pengeluaran pokok, sedangkan pendapatan tambahan bisa untuk tabungan, dana darurat, dan investasi.

5.    Investasi
Bila ada dana berlebih, silakan taruh ke pos investasi. Namun perlu diingat, pilih investasi yang likuid dan risiko rendah. Sehingga ketika dibutuhkan cepat, aset ini bisa segera Anda cairkan.

6.    Manfaat Asuransi
Memiliki asuransi bisa meminimalkan kerugian dari musibah yang bisa terjadi pada masa depan. Sequis Q Infinite MedCare Series (Plan X Booster) layak Anda pertimbangkan. Asuransi kesehatan dari Sequis Life ini memberikan perlindungan kesehatan hingga Rp90 miliar per tahun, fasilitas perawatan VIP dan VVIP di seluruh dunia, dan memiliki jaringan fasilitas cashless di lebih dari 500 rumah sakit di seluruh dunia.

Butuh bantuan ?