Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tugas Manajer Investasi Reksa Dana Menurut OJK



Peran Manajer Investasi (MI) sangat penting dalam investasi reksa dana. Secara garis besar, mereka bertugas menentukan kinerja investasi dan memastikan legalitas serta keamanan dari produk reksa dana yang dikelola. Lantaran mengelola aset investor, MI harus profesional dan terdaftar serta mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut ini beberapa tugas MI seperti dilansir oleh situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK):
1.    Mengelola Aset Nasabah

Setelah investor menyetorkan sejumlah dana untuk membeli suatu produk investasi (misal reksa dana), dana investor akan dikelola oleh MI dan dialokasikan sesuai dengan jenis reksa dana yang sudah dipilih.

2.    Memilih dan memutuskan instrumen investasi yang akan dibeli
MI memiliki tugas memilih dan membuat keputusan saham, obligasi, deposito ataupun surat berharga yang akan dibeli. Semua keputusan investasi ini dilakukan oleh MI berdasarkan data dan analisis secara detail. Intinya, MI bakal memilih instrumen yang bisa memberikan keuntungan maksimal bagi investor.

Baca Juga
Mengagumi Gedung Modern Sequis Tower, Kantor Megah Sequis
3 Hal yang Mesti Dibeli Usai Terima THR, Gaji, dan Bonus
Belajar dari Tahun Lalu, Yuk Kelola Finansial saat Ramadan
Fungsi Krusial Dana Darurat yang Kadang Disepelekan
Punya Penghasilan Lebih dari 1 Pos? Ini Cara Mengaturnya

3.    Membuat Keputusan Jual atau Lepas Instrumen investasi  
MI juga bertugas dalam pengambilan keputusan menjual atau melepas saham/obligasi yang berkinerja kurang baik.  

4.    Melaporkan Hasil Investasi
Setelah mengelola dana investor, MI juga membuat laporan dan menyampaikan hasil investasi yang sudah dikelolanya. Laporan ini bisa dilihat melalui aplikasi Manajer Investasi yang sudah dipilih investor. Data yang bisa dilihat oleh investor di antaranya: nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, harga dan persentase keuntungan investasi.

Jenis Laporan Keuangan Reksa Dana
1. Laporan Aset dan Kewajiban, ini menginformasikan posisi aset, kewajiban, jumlah unit penyertaan dan nilai aktiva bersih per unit penyertaan perusahaan
2. Laporan Laba Rugi Operasi, ini merupakan laporan yang berisi pendapatan dan beban investasi yang ditanggung reksa dana
3. Laporan Perubahan Aset Bersih, ini merupakan laporan yang menunjukan transaksi subscription dan redemption reksa dana

Tertarik menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk dikelola MI ke reksa dana? Berinvestasi bersama Sequis bisa menjadi pilihan. Selain menyediakan produk asuransi, Sequis juga menjadi penyedia investasi reksa dana yang dapat diandalkan karena didukung oleh Manajer Investasi yang profesional. Untuk lebih mengetahui investasi reksa dana, Anda dapat mengakses informasinya di www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id. Di website tersebut, Anda dapat menemukan berbagai bentuk reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil risiko dan dana investasi Anda.

Butuh bantuan ?