Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Tips Atasi Rasa Cemas dan Stres karena Harus WFO

11 Agustus 2022


beberapa karyawan yang sudah kadung nyaman dengan WFH bisa muncul rasa stres atau gangguan kecemasan


Kebijakan work from home (WFH) diberlakukan oleh banyak perusahaan selama masa pandemi covid-19 yang dimulai pada awal 2020. Dua tahun berselang, penyebaran virus mulai berkurang sehingga para karyawan dan pekerja harus kembali ke kantor atau work from office (WFO).

Kebijakan WFO setelah dua tahun terbiasa WFH tentu tidak mudah diterima oleh sebagian karyawan. Bahkan, beberapa karyawan yang sudah kadung nyaman dengan WFH bisa muncul rasa stres atau gangguan kecemasan ketika diharuskan kembali menjalani rutinitas pagi menuju ke kantor.

Menurut survei Healthline, 1 dari 3 karyawan merasa bahwa WFO membawa efek buruk untuk kesehatan mental. Terutama kesehatan mental yang menimbulkan rasa cemas, khawatir, kurang percaya diri, hingga gelisah harus menjalani rutinitas yang melelahkan saat menuju dan pulang kantor.

Anda juga merasa hal yang sama? Tenang, berikut ini ada beberapa tips yang sudah disadur dari berbagai sumber dan diharapkan dapat Anda aplikasikan guna mengurangi rasa cemas saat WFO

Baca Juga
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
Olahraga Bisa Menguras Dompet Hingga Puluhan Juta, Kok Bisa?

1. Lakukan hal yang membuat Anda senang sebelum WFO
Beberapa orang menemukan hobi baru selama pandemi covid-19. Ada yang hobi merawat tanaman, ada yang mendadak hobi otomotif, ada pula yang hobi bersepeda. Lakukan semua kegiatan yang membuat hati dan pikiran Anda senang sebelum berangkat ke kantor. Bila suka bersepeda, Anda bisa mencoba rutinitas baru yakni dengan menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor (bike to work).

2. Olahraga ringan
Olahraga adalah 'obat mujarab' untuk melepaskan penat dan melepaskan hormon endorfin yang bisa memberi energi positif dalam diri seseorang. Olahraga yang Anda pilih tak perlu berat, cukup dengan peregangan, jogging keliling komplek, yoga, atau olahraga di sepeda statis.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

3. Bikin daftar kegiatan
Coba bekerja secara konsisten dan efisien. Agar hal itu terwujud, buat hal-hal yang perlu Anda selesaikan selama berada di kantor. Dengan begitu, pekerjaan Anda bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Jadi, Anda punya waktu luang untuk melepas penat dengan sekadar ke cafe atau pergi ke taman.

4. Membiasakan diri bekerja di luar rumah
Belum semua perusahaan mewajibkan karyawan ke kantor setiap hari selama masa endemi. Hal ini harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Ketika mendapat giliran WFH, sebaiknya Anda bekerja di cafe, perpustakaan, atau tempat lain selain di rumah. Dengan begitu, Anda bisa mulai beradaptasi dengan keramaian, bersosialisasi, serta membiasakan mental untuk melihat hiruk pikuk kegiatan masyarakat pada pagi hari.

Butuh bantuan ?