Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Resolusi Keuangan Jitu yang Bisa diterapkan Tahun 2022

2 Maret 2022



Awal tahun identik dengan tradisi membuat resolusi keuangan. Pada momen itu, kita melihat kembali pencapaian finansial setahun sebelumnya lalu membuat catatan evaluasi serta daftar rencana keuangan untuk tahun yang baru. 

Investasi jangka panjang harus masuk dalam daftar resolusi keuangan Anda. Hal ini bertujuan agar keuangan Anda tetap stabil sepanjang tahun dan memiliki tujuan keuangan yang jelas pada akhir tahun atau tahun berikutnya. Untuk memudahkan Anda menyiapkan resolusi awal tahun dan rencana investasi jangka panjang, berikut ini kami berikan kiat-kiatnya: 

Susun Perencanaan Keuangan Anda 
Anda belum membiasakan diri mencatat pemasukan dan pengeluaran pada 2021? Yuk, tidak ada kata terlambat. Anda bisa memulainya pada tahun ini. Tahapannya sangat simpel. Anda hanya perlu mencatat pengeluaran per hari/ per minggu. Lalu lakukan evaluasi pada bulan berikutnya. Coret barang-barang yang dirasa tidak perlu atau tak mendesak untuk digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya lagi pada bulan berikutnya. Jangan lupa juga alokasikan anggaran untuk menabung dan melakukan investasi jangka panjang.

Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit dan Fitur Pay Later 
Menggunakan kartu kredit dan fitur pembayaran pay later juga harus masuk dalam catatan evaluasi Anda pada 2022. Intinya, berhati-hatilah dengan transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit dan pembayaran pay later. Utamakan membeli sesuatu dengan uang tunai. Bila ingin bayar menggunakan skema cicilan, pastikan Anda bisa membayarnya ketika memasuki tenggat waktu. Jangan beli/kredit barang baru sebelum transaksi kartu kredit sebelumnya dilunasi.

Baca Juga
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Mengatur Keuangan Dalam Berumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan ala First Jobber
Asuransi Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Mahasiswa Perlu Mengatur Keuangan, Ini Caranya!

 Jangan Biasakan Gaya Hidup Konsumtif 
Tinggalkan gaya hidup konsumtif. Sebab, gaya hidup seperti itu akan mengganggu dan membahayakan kondisi finansial. Caranya cukup mudah. Hindari kebiasaan membeli barang hanya karena ‘lapar mata’ dan sebetulnya tidak dibutuhkan. Anda bisa mengalihkan dana ini untuk ke pengeluaran yang lebih bernilai seperti melakukan investasi jangka panjang. 

Tingkatkan Dana untuk Investasi dan Tabungan 
Mulailah berinvestasi dan menabung. Investasi bisa dimulai di instrumen investasi reksa dana pasar uang atau reksa dana pasar saham. Sedangkan menabung bisa dilakukan dengan menyimpan sebagian uang hasil pendapatan per bulan ke bank atau membeli emas. Ingat, buat target yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Siapkan Dana Darurat 
Banyak hal tidak terduga bakal terjadi pada masa depan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memiliki dana darurat. Uang dari pos ini sangat berguna bila Anda mengalami nasib sial berupa kecelakaan, PHK, atau sekadar harus servis mobil serta membetulkan atap rumah yang bocor. 

Butuh bantuan ?