Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

12 April 2022



Melatih keimanan dan meningkatkan spiritual merupakan beberapa alasan utama seseorang menjalankan ibadah puasa. Selain itu, puasa juga memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya:

Memperbaiki Gula Darah
Puasa membawa manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Mengurangi Kolesterol Tubuh
Puasa juga memengaruhi kadar kolesterol tubuh, yakni mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi seperti serangan jantung.

Baca Juga
Dapat THR? Jangan Dihabiskan Hanya untuk Lebaran
Hati-Hati, 6 Penyakit Ini Sering Menyerang Setelah Lebaran
Tips Kelola THR Agar Tidak Pamit Begitu Saja
Tips Tubuh Fit dan Bebas Covid-19 saat Mudik Lebaran 2022

Mengurangi Lemak Tubuh
Terkadang, dokter akan mendorong Anda mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Jika Anda sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori Anda dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

Menjadi Metode Detoks
Puasa juga mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita.

Membantu Menghentikan Merokok
Anda bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

Demikian tadi beberapa kebaikan serta manfaat puasa yang bisa Anda rasakan. Sebelum lanjut berpuasa, pastikan Anda juga mengacu ke saran dokter agar dapat menjalaninya secara aman sesuai dengan kondisi kesehatan.

Butuh bantuan ?