Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

4 September 2017



Belanja dengan menggunakan kartu kredit memang menggiurkan. Mulai dari penawaran cicilan kredit 0% hingga pemberian cashback atau diskon. Namun tetaplah mawas diri saat berbelanja dengan kartu kredit. Perhatikan poin-poin penting berikut yang perlu Anda ketahui:


1.Tetapkan dana belanja Anda
Sadari bahwa fungsi utama kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran. Jika tidak menetapkan dana belanja, tagihan bisa membengkak, bahkan bisa terjadi over limit dan dikenakan biaya tambahan. Jadi tetapkan dahulu budget yang akan Anda gunakan dengan memperhatikan besar penghasilan dan limit kartu kredit. Sebagai contoh, jika penghasilan Anda sebesar Rp10 juta dan Anda memiliki kartu kredit dengan limit Rp8 juta maka pembelanjaan kartu kredit tidak boleh melebihi limit kartu kredit dan usahakan belanja Anda tidak melebihi persentase tertentu yang telah Anda tetapkan, misalnya tidak lebih dari 40% dari penghasilan. Patuhilah aturan budget yang telah Anda tetapkan sebelumnya.


2. Pahami aturan kartu kredit
Jika Anda memutuskan membuka kartu kredit, berarti Anda sudah mengerti segala aturan kartu kredit, termasuk bunga dan biaya-biaya lainnya. Selalu biasakan membayar tagihan secara penuh, bukan minimum. Membayar dengan cara minimum berarti Anda siap membayar kekurangan plus bunganya di tagihan berikutnya. Selain itu, perhatikan aturan tarik tunai dengan kartu kredit. Ada juga biaya tahunan (annual fee), yang biasanya digratiskan hanya pada 1 tahun pertama saja.


3. Teliti membaca tagihan kartu kredit
Saat menerima tagihan kartu kredit, ikuti 3 langkah berikut: pahami, cermati dengan saksama, kemudian lunasi.


4. Hadapi jika bermasalah membayar tagihan kartu kredit
Bank akan terbuka menerima nasabah yang bermasalah dengan pembayaran tagihan kartu kreditnya. Berkonsultasilah dengan pihak bank jika Anda memiliki masalah pembayaran tagihan. Jika alasan Anda masuk akal dan dapat dibuktikan, bisa jadi bank memberikan kebijakan khusus untuk tagihan Anda. Namun jika Anda melarikan diri, utang yang Anda miliki akan terus mengejar Anda sampai kapan pun.

Butuh bantuan ?