Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Dehidrasi Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tidak Normal

13 Maret 2023



Sebanyak 60 persen dari berat badan manusia terdiri dari cairan. Jadi tak heran, para ahli kesehatan dan dokter menganjurkan agar setiap orang mengonsumsi mineral yang cukup setiap hari. Minimal, manusia dianjurkan mengonsumsi 2 liter atau delapan gelas air mineral per hari agr semua organ-organ dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

Mengonsumsi air yang cukup juga bisa menjaga tekanan darah di tingkat yang normal. Bila air yang dikonsumsi kurang dari jumlah yang sudah direkomendasikan, tubuh akan mengalami dehidrasi dan dapat menyebabkan tekanan darah naik tajam. Fluktuasi tekanan darah yang ekstrem bisa membuat tubuh syok dan mengancam jiwa.

Cara menghindari dehidrasi
Salah satu cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah memastikan tubuh mendapatkan cairan dalam jumlah yang sudah direkomendasikan. Sebagai pedoman, pria dewasa disarankan mengonsumsi 3,7 liter air per hari dan wanita disarankan mengonsumsi air 2,7 liter per hari.

Baca Juga
Dehidrasi Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tidak Normal
Tips Berolahraga Selama Menjalankan Ibadah Puasa
Gowes Jadi Tren Selama Pandemi
Tips Menghadapi Pancaroba yang Mulai Melanda Sejumlah Daerah

Meski begitu kebutuhan cairan tubuh setiap orang bisa berbeda-beda. Faktor cuaca, lokasi, dan aktivitas fisik dapat memengaruhi jumlah cairan yang seharusnya dikonsumsi.  Dengan memastikan tubuh mengonsumsi cairan yang cukup, Anda juga bisa terhindar dari masalah tekanan darah.

Menjaga keseimbangan tekanan darah
Selain memastikan tubuh memiliki cairan yang cukup, Anda juga bisa menjaga keseimbangan tekanan darah. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir Kompas.com:

1. Rutin olahraga
Aktivitas fisik secara teratur membantu menjaga kesehatan Anda. Olahraga bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi serta membantu Anda mengatur berat badan, memperkuat jantung, dan menurunkan tingkat stres.

2. Kurangi asupan garam
Asupan garam harian yang dianjurkan adalah 2.300 miligram dengan batas ideal kurang dari 1.500 mg per hari.

3. Kurangi stres
Stres kronis berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang, termasuk di antaranya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Stres juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah Anda jika mekanisme koping Anda melibatkan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol atau merokok.

Butuh bantuan ?