Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenali Bahaya dan Cara Melindungi Diri dari Kanker

17 Maret 2023



Februari diperingati sebagai bulan Kanker. Peringatan itu ditandai dengan adanya Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari dan Hari Kanker Anak Sedunia pada 15 Februari. Beragam aktivitas dilakukan guna menyadarkan masyarakat dunia mengenai bahaya kanker dan cara pencegahannya. Di Indonesia, beberapa komunitas menggelar acara gathering, bakti sosial, konser amal, hingga 'Fun Run' bertema Run Againts Cancer.

Bahaya kanker memang perlu dikampanyekan secara rutin oleh banyak pihak. Sebab, kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya yang patut diwaspadai karena bisa berakibat kematian.  

Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak fungsi jaringan tersebut.

Baca Juga
Waspada Kanker di Tengah Penyebaran Virus Berbahaya
Lawan Kanker dengan Dua Produk Andalan Sequis
Kanker Paru: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Cara Mencegah Kanker Payudara, Wanita Wajib Baca
5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Cegah Kanker Prostat

Penyebaran (metastasis) sel kanker dapat melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening. Sel penyakit kanker dapat berasal dari semua unsur yang membentuk suatu organ, dalam perjalanan selanjutnya tumbuh dan menggandakan diri sehingga membentuk massa tumor.

Gejala kanker
Kanker bisa dibagi menjadi beberapa jenis dan bisa dikenali gejalanya. Berikut ini beberapa di antaranya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kanker Payudara
Kanker payudara biasanya diawali dengan kemunculan benjolan berisi dan berjalan di jaringan kulit payudara. Tekstur kulit payudara terasa berbeda yaitu mengeras seperti kulit jeruk.

2. Kanker Leher Rahim
Kanker leher rahim tumbuh di jaringan leher rahim. Gejala yang timbul biasanya dialami wanita dewasa menikah atau wanita yang sudah berhubungan seksual atau secara aktif melakukan kegiatan seksual. Gejala yang timbul meliputi haid tidak teratur, nyeri panggul serta nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, keluar cairan dari vagina berupa keputihan ataupun kekuningan. Gejala paling parah terjadi ketika ada pendarahan bukan saat haid.

3. Kanker Paru
Di tahap awal, kanker paru tidak menunjukkan gejala. Gejala baru akan muncul saat perkembangan kanker paru sudah mencapai tahap tertentu.
Berikut adalah beberapa gejala awal yang muncul:
a. Batuk yang terus menerus dan bertambah parah sampai akhirnya mengalami darah
b. Sesak napas dan rasa sakit (nyeri) pada dada
c. Tubuh selalu terasa lelah tanpa alasan yang jelas
d. Bagian muka atau leher mengalami pembengkakan
Kepala terasa sakit
e. Rasa sakit pada tulang (bisa pada tulang bagian bahu, lengan, atau tangan)
f. Mengalami penurunan berat badan
h. Suara menjadi serak
i. Sulit menelan atau merasa sakit pada tenggorokan saat menelan sesuatu
j. Bentuk jari mengalami perubahan, yaitu ujung jari menjadi cembung

Fakta Tentang Kanker dari Komite Penanggulangan Kanker Nasional:
1. Kanker menyebabkan angka kematian yang lebih tinggi daripada AIDS, Malaria, dan TBC. Bahkan sekalipun ketiga penyakit tersebut digabungkan menjadi satu.
2. 70% pasien kanker ada di negara berkembang.
3. 43% kanker dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi, dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat.
4. Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila kita tidak melakukan deteksi dini serta upaya pencegahan.

Cegah dan Lawan Kanker
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker. Di antaranya adalah melakukan cek kesehatan dengan rutin di pelayanan kesehatan terdekat. Selain itu, usahakan untuk menjalani pola hidup sehat dengan tidak/berhenti merokok, rajin berolahraga, menjaga pola makan, istirahat dengan cukup, dan mengelola stres Anda dengan baik.

Bila sudah kadung menderita kanker, hal utama yang bisa dilakukan penderita adalah melawannya. Perlawan maksimal bisa didapat dengan pengobatan terbaik. Nah, pengobatan terbaik, cepat, dan cermat bisa didapat bila memiliki asuransi kesehatan.

Sequis merekomendasikan produk asuransi Sequis Q Infinite MedCare Rider x Booster. Asuransi kesehatan ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan medis terbaik terutama untuk penyakit kanker. Khusus untuk penyakit kanker, produk SQIMC dengan X Booster menanggung pengobatan eksperimental kanker, perawatan kanker (radioterapi dan kemoterapi) sesuai tagihan serta memiliki manfaat pemantauan penyakit kritis jika disarankan oleh dokter dengan besar manfaat sesuai tagihan selama polis masih berlaku.

Butuh bantuan ?