Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Lindungi Diri dari Kanker Serviks, Vaksin dan Punya Asuransi

12 Agustus 2022



Masyarakat di Indonesia diwajibkan menerima vaksin covid-19 suntikan pertama dan kedua. Lalu dilanjutkan dengan vaksin covid-19 booster pada awal 2022. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menambahkan vaksin kanker serviks atau vaksin Human Papilloma Virus (HPV) sebagai salah satu dari 3 vaksin baru ke daftar vaksin wajib dimulai pada 2022.

Menurut keterangan Kemenkes, vaksinasi HPV akan mulai didistribusikan pada tahun ini dan akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Bila sesuai jadwal, vaksin akan diberikan kepada anak kelas 5 dan 6 SD/MI/Sederajat saat Bulan Imunisasi Anak Sekolah pada bulan Agustus setiap tahunnya. Saat ini, terdapat 889.813 siswi yang berada di kelas 5 dan 6 SD menjadi target sasaran vaksin kanker serviks. Diharapkan 95% bisa divaksinasi agar memiliki kekebalan dari risiko meningkatnya kanker serviks.

Ada kategori umur tertentu yang masuk ke daftar wajib melakukan vaksinasi kanker serviks. Kelas 5 dan 6 SD dengan usia 10 – 13 tahun dan akan mendapatkan 2 dosis vaksin kanker serviks. Bagi anak dengan usia yang menjadi target utama, vaksin akan didapatkan secara gratis. 

Baca Juga
Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 

Remaja berusia 16 – 18 tahun tidak mendapatkan vaksin HPV secara gratis, tetapi masih bisa didapatkan di berbagai fasilitas kesehatan. Bagi remaja umur segini juga membutuhkan 1 dosis tambahan menjadi 3 dosis dan diadministrasikan 1 – 2 bulan untuk dosis pertama dan kedua, tetapi dosis pertama dan ketiga memerlukan jarak 6 bulan.

Bagi yang sudah diatas usia 20 – 26 dan masih belum mendapatkan vaksin HPV secara lengkap, masih tetap bisa melengkapi vaksin tersebut, tetapi harus melakukan konsultasi dahulu dengan dokter.

Sebetulnya vaksin HPV tidak hanya untuk para perempuan. Pria juga bisa mendapatkan vaksin tersebut. Sebab, beberapa dampak dari virus HPV bisa menyebabkan pria menderikat penyakit serius seperti kutil kelamin, kanker anus, dan kanker tenggorokan.

Baca Juga
Fakta Seputar Kanker dan Cara Pencegahannya
Kenali Kanker prostat dan Cara Mencegahnya
Antisipasi Biaya Pengobatan Kanker dengan Asuransi

Viral Perempuan Stroke Akibat Sering Begadang, Kok Bisa?

Berikut ini adalah 3 jenis vaksin HPV.
1. Vaksin Cervarix

Untuk mencegah kanker serviks akibat infeksi HPV – 16 dan HPV – 18. Vaksin ini untuk wanita berusia 9 – 25 tahun. 

2. Vaksin Gardasil
Untuk mencegah kanker serviks, kanker vulva, kanker di area vagina dan anus, infeksi disebabkan oleh HPV – 16 dan HPV – 18 serta mencegah infeksi virus HPV – 6 dan HPV – 11 yang berisiko menyebabkan kutil kelamin. Vaksin ini bisa untuk pria ataupun wanita berusia 9 – 26 tahun.

3. Vaksin Gardasil 9
Vaksin Gardasil 9 mencakup infeksi lebih banyak dari Vaksin Gardasil saja. Vaksin ini bisa mencegah infeksi HPV – 31, HPV – 33, HPV – 45, HPV – 52 dan HPV – 58. Vaksin ini bisa diberikan kepada pria ataupun wanita berusia 9 – 45 tahun.

Patut diketahui, sama seperti vaksin pada umumnya, vaksin HPV juga bakal menimbulkan efek samping. Biasanya, penerima vaksin akan muncul keluhan bengkak, nyeri kemerahan dan terjadi sakit kepala. Namun, ada juga kasus terjadinya demam, mual, rasa sakit di area lengan, tangan atau kaki dan muncul ruam yang gatal, selain itu ada juga kasus yang jarang terjadi yaitu terpicunya reaksi alergi parah atau alergi anafilaksis.

Yuk vaksin HPV agar bisa menurunkan risiko terkena kanker serviks. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tidak merokok, serta melindungi kesehatan dengan cara memiliki asuransi kesehatan. Silakan cek www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com untuk mengonsultasikan kebutuhan proteksi kesehatan Anda dan keluarga.

 

Baca Artikel Terkait

Butuh bantuan ?