Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Masa Muda Adalah Momen yang Tepat Berinvestasi

28 Pebruari 2024



Salah satu cara untuk mendapatkan finansial yang sehat sejak muda adalah dengan berinvestasi secara tepat.  Berikut adalah tips investasi yang bisa diaplikasikan oleh anak muda: 

•    Perhitungkan pemasukan dan pengeluaran 
Menghitung pemasukan dan pengeluaran berguna untuk membantu Anda mengetahui cash flow serta jumlah dana yang tersedia untuk berinvestasi. Cara mengatur cash flow terbilang mudah. Buat catatan pemasukan dan pengeluaran lalu evaluasi setiap bulan.  Catat pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Lalu Anda bisa mengalokasikan uangnya untuk keperluan lain, misal untuk ditabung atau investasi.

Baca Juga: Memilih Investasi Reksa Dana Agar Sesuai Tujuan Investasi

•    Mulai dengan nilai kecil dan risiko minim
Cari instrumen investasi yang tidak terlalu rumit untuk dijalankan dan memiliki tren bagus dalam jangka waktu 3-5 tahun ke belakang. Ada baiknya Anda mempelajari dan memahami seluk beluk investasi sambil mencari jenis investasi jangka panjang yang sesuai dengan rencana keuangan Anda

•    Tentukan tujuan investasi
Berinvestasi memerlukan tujuan agar Anda tahu jumlah uang yang harus disisihkan. Beberapa tujuan investasi jangka panjang contohnya untuk mempersiapkan membeli rumah, membeli kendaraan mobil/motor, atau sekadar rencana membeli tiket liburan.

Baca Juga: Memahami Jenis-Jenis Investasi

•    Kenali profil risiko
Setelah menentukan tujuan, pertimbangkan profil risiko Anda. Profil risiko terbagi menjadi tiga:

-    Konservatif, biasanya lebih memilih investasi reksa dana yang aman sehingga cocok dengan instrumen investasi yang imbal hasilnya tidak terlalu besar tetapi bergerak stabil seperti investasi reksa dana pasar uang.

-    Moderat, memiliki karakteristik menerima fluktuasi jangka pendek dan potensi keuntungan yang lebih tinggi dari inflasi dan deposito. Cocok dengan investasi reksa dana campuran, risiko relatif rendah, dibandingkan reksa dana saham.

Baca Juga: Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi

-    Agresif, biasanya sangat siap untung dan rugi, siap kehilangan sebagian besar dana investasinya untuk imbal hasil besar. Tipe ini cocok untuk berinvestasi di investasi reksa dana saham.

•    Atur Jumlah Dana yang Mampu Anda Investasikan 
Idealnya, dana untuk investasi berkisar 10-20% dari gaji bulanan. Ingat, pastikan Anda sudah mengalokasikan dana untuk tabungan, dana darurat, dan asuransi kesehatan/asuransi jiwa sebelum menyiapkan dana investasi.

Butuh bantuan ?