Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Olahraga yang Dianjurkan untuk Para Penderita Diabetes

3 Pebruari 2023



Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan secara total. Hal yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes adalah mengendalikan kadar normal gula darah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan berolahraga.

WHO merekomendasikan agar penderita diabetes melakukan aktivitas fisik dengan durasi total 150 menit per minggu atau setidaknya 30 menit per hari. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa dikombinasikan antara jogging, jalan kaki, hingga bersepeda santai.

Olahraga tidak hanya membantu mengontrol tekanan darah penderita diabetes. Menurut Kompas.com, setidaknya ada sembilan manfaat yang bisa didapat penderita diabetes bila rajin berolahraga.

1. Meningkatkan sensitivitas insulin
2. Memperbaiki profil lemak darah
3. Menurunkan persentase lemak tubuh
4. Menurunkan dan mengontrol tekanan darah
5. Meningkatkan kekuatan otot
6. Meningkatkan daya tahan otot dan ruang gerak sendi 7. Meningkatkan propioseptif
8. Mencegah neuropati perifer
9. Meningkatkan kebugaran dan kualitas hidup.

Ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes. Meski begitu, olahraga yang dipilih harus sesuai anjuran dokter.

Latihan aerobik dengan intensitas sedang menjadi salah satu yang dianjurkan. Penderita diabetes bisa melakukan jalan kaki serta olahraga di sepeda statis dengan dipadukan latihan kekuatan otot. Selain aerobik, penderita diabetes juga disarankan melakukan latihan fleksibilitas seperti senam yoga dan pilates.

Informasikan Kondisi Kesehatan kepada Keluarga
Ingat, penyakit diabetes bisa diturunkan ke generasi berikutnya. Jadi anak yang memiliki orang tua penderita diabetes punya potensi mengalami penyakit yang sama pada masa depan.

Oleh karena itu, para orang tua sudah sepatutnya memberitahukan mengenai kondisi kesehatannya kepada anak. Dengan begitu, anak bisa melakukan langkah antisipasi seperti menjalani pola hidup sehat (berolahraga dan tidak merokok), mengurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh dan karbohidrat olahan, serta memiliki asuransi kesehatan.

Baca Juga
Diabetes: Pengertian, Penyebab, Pengobatan, dan Perlindungan
Mengenal, Mencegah, dan Melawan Diabetes dengan Asuransi
Orang Tua Punya Penyakit Diabetes? Lakukan Hal Ini
Hobi Begadang Rentan Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

Lalu, adakah produk asuransi kesehatan yang dapat melindungi seseorang dari penyakit diabetes? Tentu ada. Silakan mempertimbangkan produk asuransi Sequis, yakni Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider atau Sequis Q Infinite MedCare Rider.

Keduanya memiliki manfaat yang bisa diandalkan. Bila memiliki Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider, Tertanggung akan mendapatkan Uang Pertanggungan (UP) sesuai ketentuan polis bila terjadi komplikasi akibat diabetes yang diderita. Produk ini memberikan penggantian pendapatan bila Tertanggung tidak bisa kembali bekerja karena penyakit komplikasi diabetes.
Selain itu, produk ini juga menanggung biaya yang tidak di-cover oleh asuransi kesehatan.

Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider juga memberikan manfaat sebesar 170% Uang Pertanggungan, dengan pembayaran total manfaat utama 100% ditambah dengan manfaat tambahan 70%.

Manfaat yang diberikan Sequis Q Infinite MedCare Rider tak kalah bagus. Produk ini akan menanggung biaya perawatan penyakit yang dialami Tertanggung hingga Rp90 miliar per tahun. Hebatnya lagi, produk ini menawarkan sistem pembayaran nontunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit rekanan di seluruh dunia. Jadi bila mendadak sakit, Tertanggung dan keluarga tidak harus menyiapkan uang terlebih dahulu karena semuanya sudah langsung dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Butuh bantuan ?