Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengertian Asuransi Beserta Tujuan dan Manfaatnya

3 November 2020



Dalam hidup yang serba tidak terduga ini, risiko bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi. Walaupun setiap individu telah berupaya melakukan pencegahan terhadap musibah tersebut, namun tidak akan menjamin hidupnya tetap aman tanpa dihinggapi risiko apapun. 

Marilah kita ambil contoh risiko kecelakaan. Meski seseorang rajin merawat kendaraannya dan berhati-hati mengendarai  kendaraan bermotordi jalan raya, namun tetap saja bisa mengalami tabrakan karena berbagai alasan yang tidak terduga. Misalkan jalanan licin atau berlubang, ataupun akibat dari keteledoran pengendara lain.

Tidak berbeda jauh dengan risiko hidup lainnya yang bisa menghampirikapan saja. Seperti sakit akibat tertular virus maupun bakteri, kebakaran rumah akibat korsleting listrik, kehilangan dokumen perjalanan akibat dicopet, hingga risiko terjadinya meninggal dunia. 

Risiko-risiko yang datangnya tidak dapat diprediksi dan tidak disengaja tersebut tentunya akan menyebabkan kerugian dalam segi keuangan. Tidak ada yang bisa  menduga bahwaakan tiba-tiba sakit atau kecelakaan dan membutuhkan biaya perawatan serta operasi di rumah sakit dalam jumlah yang banyak. 

Sehingga kerap kali tidak ada persiapan dana untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak tersebut. Alhasil danatabungan pun akan digunakan, tidak jarang solusi lain yang dilakukan adalah dengan meminjam atau berhutang. Maka, kondisi finansial keluarga punmenjadi terganggu. 

Nah, pengertian asuransi merupakan salah satu instrumen keuangan yang tujuannya adalah menyelamatkan orang dari risiko kerugian finansial akibat risiko-risiko tidak terduga seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu sakit, kecelakaan, kehilangan barang berharga, hingga meninggal dunia.

Dengan kata lain, saat seseorang tertimpa musibah yang membuatnya harus mengeluarkan danadalam jumlah besar, asuransiakan mengalihkan risiko yang menimpa orang tersebut sebagai tertanggung ke perusahaan asuransi sebagai penanggung. Sehingga kerugian finansialnya dapat diminimalkan. 

Manfaat Asuransi 
Rosmala adalah seorang karyawan swasta baru di sebuah perusahaan di ibukota. Setiap hari ia sibuk bekerja. Tidak jarang Ia pun lembur hingga larut malam dan sering tidak memperhatikan pola makan. Menyadari kesibukan dan gaya hidupnya yang kurang sehat, ia pun memutuskan untuk memiliki proteksi kesehatan sebagai perlindungan diri jika suatu hari tiba-tiba jatuh sakit. 

Setelah selang tiga bulan, Rosmala pun sakit usus buntu dan harus dioperasi segera. Tabungannya selama bekerja belum cukup untuk membayar biaya operasi yang mencapai belasan hingga puluhan juta. Namun untungnya ia memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap yang dimilikinya sejak pertama kali bekerja. Sehingga biaya rawatinap, operasi, serta obat-obatan ditanggung oleh asuransikesehatan yang dimilikinya. Ia pun tidak perlu mengorbankan uang tabungan hasil kerja kerasnya. 

Ilustrasi tersebut merupakan gambaran manfaat asuransi kesehatan. Karena memilikinya, Rosmala terhindar dari kerugian finansial akibat risiko sakit usus buntu yang menimpanya. Padahal, jika dipikir-pikir, ia baru saja menjadi nasabah dan  baru membayarkan premi selama 3 bulan. Untung saja ia memiliki asuransi kesehatan. 

Selain dapat menghindari kerugiankeuangan, jaminan proteksi juga memiliki manfaat lain, diantaranya: 

1.    Memberikan rasa aman dan tenang 
Denganmemiliki asuransi kesehatan, Anda akan merasa lebih aman karena segala kemungkinan buruk yang dapat merugikan kondisi keuangan telah dijamin pertanggungannya oleh perusahaan asuransi. Asuransi kesehatan akan saat nasabah rawat inap di Rumah Sakit, perlindungan jiwa memberikan jaminan warisan untuk keluarga saat tertanggung meninggal dunia, dan asuransi pendidikan akan membantu menjamin dana pendidikan anak hingga ke jenjang yang tinggi. 

2.    Sarana menabung 
Perusahaan jaminan proteksi akan mewajibkan nasabah untuk membayar iuran wajib setiap bulan ataupun tahun. Premi yang disetorkan tersebut tak ubahnya merupakan tabungan yang Anda kumpulkan sebagai antisipasi dana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. 

3.    Meminimalkan Risiko 
Risiko merupakan suatu ketidakpastian dalam hidup manusia, namun pertanggungan asuransi atas risiko tersebut dapat diminimalkan dengan asuransi.
 
Setelah memahami pengertian dan manfaat asuransi yang dapat diperoleh, Anda mungkin berpikir untuk memiliki perlindungan diri agar lebih tenang dan tidak merasa khawatir akan risiko hidup yang berpotensimenggoyahkan kestabilan kondisi keuangan keluarga Anda. Sequis menyediakan pilihan proteksi yang siap menanggung risiko yang mungkin akan menimpa Anda di masa depan. 

Silakan cek produk-produk Sequis di sequis.co.idApabila Anda masih ragu dalam menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, Sequis Personal Assistant bersedia membantu Anda. 
Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?