Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pernah Lelah Berkepanjangan? Waspada Tanda Penyakit Berat

3 Januari 2023



Semua hal yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Termasuk rasa lelah yang terasa berkepanjangan. Misal, tubuh tetap merasa lelah walau sudah istirahat atau badan merasa sangat lelah padahal Anda sudah tidur dalam durasi yang cukup pada malam hari. Usahakan tidak menyepelekan kondisi tersebut karena lelah berkepanjangan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Menurut Healthline, kelelahan berkepanjangan yang terjadi secara konstan merupakan bentuk sinyal dari tubuh guna memberitahu ada penyakit berat yang berpotensi muncul. Dalam banyak kasus, rasa lelah berkepanjangan terjadi karena adanya penyakit anemia, tiroid, diabetes tipe 2, depresi, apnea tidur, covid-19, penyakit jantung, hingga kanker.

1. Anemia
Kelelahan berkepanjangan yang disebabkan oleh anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel. Gejalanya bisa diikuti dengan kondisi berikut: Sesak napas, sulit tidur, kurang konsentrasi, detak jantung cepat, nyeri dada, sakit kepala.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

2. Penyakit Tiroid
Penyakit ini terjadi saat produksi hormon di kelenjar tiroid tidak normal. Terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme), metabolisme akan meningkat. Sedangkan, terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme), metabolisme akan melambat. Gejalanya bisa diikuti dengan kondisi berikut: Kelemahan otot, penurunan berat badan, detak jantung meningkat, rasa haus meningkat.

3. Depresi
Depresi didasari oleh rasa sedih yang menumpuk dan tak terobati segera. Itu akan menyebabkan energi Anda menurun drastis. Oleh karena itu, depresi bisa membuat Anda mengalami kelelahan berkepanjangan diikuti dengan gejala lainnya sebagai berikut: perubahan pola tidur dan makan, gangguan memori dan konsentrasi, perasaan putus asa dan tidak dihargai, pikiran negatif.

4. Penyakit jantung
Penyakit jantung bisa menjadi penyebab kelelahan berkelanjutan Anda karena biasanya terjadi masalah di kerja otot. Ada banyak gejala potensial penyakit jantung, kelelahan adalah salah satunya, terutama karena: Kardiomiopati (penyakit otot jantung), masalah katup jantung Endokarditis (infeksi yang memengaruhi lapisan dalam bilik dan katup jantung). Bila penyebab kelelahan berkelanjutan Anda adalah karena adanya gangguan di jantung, gejala yang muncul meliputi nyeri dada, sesak napas, perubahan irama jantung

Ayo mulai kenali sinyal-sinyal yang dimunculkan oleh tubuh Anda. Lelah berkepanjangan harus disikapi secara serius karena bisa menjadi tanda awal bahwa tubuh punya potensi menderita penyakit berat. Oleh karena itu, segera periksa diri Anda ke dokter bila sedang mengalami kelelahan berkepanjangan. Sebab tubuh Anda memerlukan perawatan medis jangka panjang dan bukan sekadar istirahat.

Butuh bantuan ?