Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Punya Asuransi Dana Pensiun, Tua Bebas Masalah Finansial

12 Desember 2022



Setiap orang akan menjalani masa tua dan pensiun. Pada momen ini, seseorang sudah berhenti bekerja dan kehilangan penghasilan tetap. Biasanya, masa pensiun berada di rentang usia 55-60 tahun.  Di usia tersebut, seseorang berpotensi gelisah dan khawatir bila tidak memiliki simpanan untuk hari tua.

Anda jangan sampai menjalani masa tua yang suram atau harus mencari pekerjaan baru demi menafkahi keluarga. Sebisa mungkin Anda menjalani masa tua yang menyenangkan dan bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Guna mendapatkan kisah manis itu, pengaturan keuangan yang matang harus Anda lakukan saat muda. Salah satu perencanaan keuangan yang direkomendasikan adalah memiliki asuransi dana pensiun.

Asuransi dana pensiun biasanya memberikan sejumlah nilai tunai yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap bulan. Jadi, keuangan Anda pada masa pensiun tetap aman karena tetap memiliki sejumlah dana selayaknya masih menjadi pegawai kantoran.

Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?
Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman
Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya
Tips Pensiun dengan Nyaman Tanpa Merepotkan Anak
Rekomendasi Jenis Asuransi untuk Persiapan Dana Pensiun

Ada dua jenis asuransi dana pensiun yang bisa Anda pilih. Pertama adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK). Asuransi dana pensiun ini dikelola oleh perusahaan pemberi kerja yang memberikan jaminan asuransi untuk seluruh karyawan. Perusahaan biasanya akan memotong sebagian penghasilan karyawan per bulan untuk keperluan pembayaran premi.

Kedua adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang dibentuk dan dikelola oleh bank atau perusahaan asuransi untuk masyarakat umum, baik karyawan maupun pekerja mandiri. Ini berarti Anda harus secara mandiri mengikutsertakan diri untuk mendapatkan manfaat jaminan dana pensiun.

Lalu, apa saja manfaatnya memiliki asuransi dana pensiun? Manfaat pertama adalah jaminan kesehatan di hari tua. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang harus dikeluarkan bila Anda sakit dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit karena dana sudah tersedia.

Manfaat lain yang diberikan dari asuransi dana pensiun juga meliputi perlindungan jiwa. Nantinya, keluarga/ahli waris akan mendapat Uang Pertanggungan (UP) bila Tertanggung tutup usia. UP dapat digunakan oleh ahli waris untuk memenuhi kebutuhan hidup yang biasanya disediakan oleh Tertanggung selaku kepala keluarga.

Sequis menyediakan produk asuransi dana pensiun yang cocok untuk Anda, yakni Asuransi Retirement Life Plan. Asuransi Retirement Life Plan memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut.

•    Uang Pertanggungan (UP) akan dibayarkan bila Tertanggung meninggal dunia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
•    Death Terminal Bonus akan dibayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan Tahun Polis pada saat kejadian meninggal dunia)
•    Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan apabila Tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun Polis (berdasarkan plan yang diambil)

 

Butuh bantuan ?