Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Reksa Dana Pendapatan Tetap dengan Potensi Cuan pada 2023

28 Agustus 2023



Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang menginvestasikan sebagian besar asetnya ke instrumen utang, seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan surat utang lainnya. Tujuan utama dari reksa dana pendapatan tetap adalah menghasilkan pendapatan tetap dan stabil bagi para investor.

Reksa dana pendapatan tetap bertujuan untuk menghasilkan pendapatan tetap dan konsisten bagi para investor. Investasi dalam reksa dana ini cocok bagi investor yang mencari tingkat pengembalian stabil dengan risiko yang relatif rendah dibandingkan dengan reksa dana saham.

Baca Juga: Kenali Potensi Keuntungan Setiap Produk Reksa Dana

Portofolio reksa dana pendapatan tetap terdiri dari instrumen utang seperti obligasi. Ini adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan sebagai sarana untuk meminjam uang dari investor. Reksa dana pendapatan tetap dapat menginvestasikan sebagian besar dana mereka dalam obligasi pemerintah atau korporasi yang berbeda-beda.

Berbicara mengenai tingkat risiko, reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko lebih rendah dibandingkan dengan reksa dana saham. Ini disebabkan karena obligasi yang menjadi komponen utama reksa dana pendapatan tetap umumnya dianggap memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan saham. Meskipun demikian, tetap ada risiko yang perlu diperhatikan, seperti risiko suku bunga, risiko kredit, dan risiko likuiditas.

Baca Juga: Langkah Investasi Reksa Dana yang Harus Dipahami

Lalu mengenai potensi cuan, reksa dana pendapatan tetap menghasilkan potensi keuntungan melalui bunga atau kupon yang dibayarkan oleh obligasi dalam portofolio mereka. Tingkat pengembalian dari reksa dana ini biasanya lebih rendah dibandingkan dengan reksa dana saham, tetapi lebih tinggi daripada tingkat suku bunga deposito bank.

Salah satu risiko utama yang perlu diperhatikan dalam investasi reksa dana pendapatan tetap adalah risiko suku bunga. Bila suku bunga naik, harga obligasi yang ada di portofolio reksa dana dapat turun sehingga mengakibatkan penurunan nilai investasi.

Ilustrasi Produk
Untuk keperluan finansial jangka panjang, memiliki tabungan dan dana darurat tidaklah cukup. Agar nilai uang yang dimiliki tidak tergerus inflasi, Anda perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditempatkan ke instrumen investasi reksa dana pendapatan tetap.

Untuk menjelaskan situasi tersebut, yuk simak ilustrasi berikut ini:
Ilustrasi 1

Budi punya gaji Rp20 juta per bulan dan rajin menyisihkan pendapatan. Sekitar Rp5 juta dari pendapatan dipotong buat tabungan. Setelah 10 tahun, tabungannya berada di kisaran Rp600 juta.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Ilustrasi 2
Iqbal punya gaji Rp20 juta per bulan dan rajin menyisihkan pendapatan. Sekitar Rp5 juta dari pendapatan ditempatkan di investasi reksa dana. Menurut perhitungan Financial Calculator Sequis, dengan torelansi kerugian sebesar 3%, cuan yang didapat Iqbal bisa mencapai Rp1 miliar setelah berinvestasi reksa dana selama 10 tahun.

Dengan modal yang sama, yakni Rp20 juta, Iqbal mendapatkan cuan Rp400 juta lebih besar dari Budi setelah keduanya menyisihkan pendapatan setiap bulan selama 10 tahun. Menurut Financial Calculator dan Solution Finder Sequis, potensi cuan sebesar itu didapat Iqbal dengan memiliki investasi Reksa Dana Sequis Balance Ultima. Investasi ini cocok buat Iqbal yang mau berinvestasi jangka menengah dan panjang.

Karakteristik Reksa Dana Sequis Balance Ultima
1. Potensi pengembalian dan fluktuasi menengah hingga tinggi
2. Alokasi strategis pada pasar uang, obligasi, dan saham
3. Investasi jangka menengah hingga panjang

Ingin tujuan investasi dapat tercapat serta cuan seperti Iqbal? Yuk segera konsultasi dengan ahli keuangan Sequis. Seorang ahli keuangan akan memberikan nasihat keuangan dan sekaligus memilihkan instrumen reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda.  Selain cara tersebut, Anda juga bisa bertanya kepada layanan konsumen di perusahaan Manajer Investasi reksa dana yang hendak dipilih. Sequis menyediakan layanan Sequis Personal Assistant yang akan membantu Anda memilih produk investasi reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat menemukan solusi produk yang paling tepat di Solution Finder Sequis.

Butuh bantuan ?