Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Agar Pengajuan Klaim Tidak Bermasalah

11 Januari 2024



Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan berguna untuk melindungi finansial serta kesehatan keluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa, finansial keluarga bisa ‘tertolong’ ketika kepala keluarga atau pencari nafkah utama meninggal dunia atau tak lagi bekerja akibat menderita cacat total tetap. 

Nantinya, Uang Pertanggungan (UP) asuransi jiwa bakal diberikan kepada ahli waris bila Tertanggung mengalami musibah. Sedangkan asuransi kesehatan bakal berguna ketika nasabah keluarga membutuhkan perawatan dan pengobatan saat sakit. Dengan asuransi kesehatan, Anda dan keluarga bisa mendapatkan penanganan di rumah sakit secara optimal dan cepat serta tak perlu memusingkan biayanya karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Prosedur Klaim Reimburse Asuransi Sequis

Meski begitu, manfaat-manfaat tersebut bisa didapat bila nasabah asuransi sudah memenuhi kewajibannya. Salah satu kewajiban yang harus dipenuhi adalah membayar premi asuransi secara tepat waktu. Bila itu tidak dilakukan, klaim nasabah berpotensi tak diberikan oleh perusahaan asuransi. Ujungnya, nasabah kadang merasa kecewa dan ‘menumpahkan’ kekecewaan lewat media sosial, media massa, hingga ke jalur hokum. 

Yuk pahami asuransi yang Anda punya agar proses klaim bisa berjalan lancar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui agar Anda dan keluarga bisa mendapatkan manfaat asuransi secara optimal. 

◢    Cek Polis 
Manfaatkan masa mempelajari polis (Free look period) dengan maksimal. Pastikan isi polis sudah  sesuai dengan kesepakatan dalam Surat Permintaan Asuransi. Periksa data administrasi agar sesuai dengan data kependudukan. Lalu, cek data alamat dan nomor telepon sudah sesuai dengan data terbaru agar memudahkan perusahaan asuransi dapat menghubungi Anda.

Baca Juga: Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak

Terkait kesepakatan Surat Permintaan Asuransi, pastikan Anda sendiri yang mengisi setiap pertanyaan bukan agen asuransi. Misal, pertanyaan dan pernyataan terkait ‘sudah pernah atau sedang memiliki polis asuransi lain’ atau ‘pengajuan asuransi atau klaim pernah ditolak asuransi lain’, serta sudah pernyataan tentang kondisi kesehatan Anda (pernah mendapat perawatan medis atau memiliki riwayat penyakit) termasuk perawatan medis yang pernah dilakukan sebelum pembelian polis. Jawaban Anda akan menentukan persetujuan pihak asuransi saat mengajukan klaim sehingga sangat penting untuk jujur dan transparan.

◢    Mengerti syarat, aturan, dan informasi dalam Polis
Di dalam polis tercantum syarat-syarat umum dan khusus mengenai penyakit yang ditanggung, tata cara pengajuan klaim, dan dokumen yang diperlukan, hingga aturan soal premi dan biaya yang dikenakan. Baca dengan saksama mengenai semua ketentuan itu agar tidak menimbulkan kegaduhan saat Anda klaim. Di Sequis, polis dikenakan masa waktu batas pengajuan klaim selama 30 hari setelah Tertanggung keluar rumah sakit atau setelah tertanggung menjalani rawat jalan atau 3 bulan setelah tanggal kematian atau tanggal diagnosis penyakit kritis/cacat total dan tetap atau cacat sebagian dan tetap.

Baca Juga: Pahami Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Bisa Ditolak

◢    Pastikan polis aktif dan telah melewati masa tunggu
Hal lain yang tampaknya sederhana tapi penting diperhatikan adalah memastikan polis tetap aktif dengan membayar premi tepat waktu. Polis atau rider yang tidak aktif membuat klaim tidak dapat diajukan. Kemudian, pastikan klaim yang ingin Anda ajukan sudah melewati masa tunggu polis. Ketentuan masa tunggu diterapkan perusahaan asuransi untuk memantau dan menilai tingkat risiko nasabah. 

Sequis selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap nasabahnya dan menjalankan kewajibannya sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku selama semua persyaratan klaim telah terpenuhi dan data yang diberikan sudah lengkap, benar dan akurat. Anda bisa memanfaatkan Sequis Care untuk mendapatkan informasi terkait manfaat berasuransi, informasi detail mengenai polis Anda, dan persyaratan pengajuan klaim. Anda juga bisa mengunduh formulir pengajuan klaim di www.sequis.id untuk keperluan pengajuan klaim atau jika perlu perubahan pada polis.

Butuh bantuan ?