Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Keunggulan Investasi Reksa Dana Guna Meningkatkan Nilai Uang

19 April 2022


Investasi reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang sudah dilirik banyak orang. Terutama untuk masyarakat yang baru mulai melek investasi. Singkatnya, investasi reksa dana menawarkan kemudahan berinvestasi bagi masyarakat yang ingin menjaga dan meningkatkan nilai uang yang dimiliki saat ini meski hanya punya modal minim.

Dalam praktiknya, modal investor reksa dana  akan dikelola oleh manajer investasi. Siapakah manajer investasi? Manajer investasi adalah pihak yang mengelola portofolio efek untuk kepentingan sejumlah nasabah.  Nantinya, manajer investasi akan mengelola dan menempatkan dana nasabah pada instrumen-instrumen investasi sesuai dengan permintaan investor. 
 

Sebelum Anda melirik investasi reksa dana, Anda perlu tahu beberapa keunggulannya, yaitu: 

1.    Modal kecil, investor dapat berinvestasi mulai dari Rp100 ribu
2.    Diversifikasi, modal yang Anda setorkan bisa dimasukkan pada berbagai produk reksa dana
3.    Fleksibel, reksa dana dapat digunakan untuk berinvestasi dalam berbagai jangka waktu tertentu, mulai dari di bawah satu tahun hingga menengah, dan jangka panjang. 
4.    Dikelola oleh manajer investasi
5.    Transparan, nilai aktiva reksa dana dapat dikethui setiap hari
6.    Hasil investasi netto, sudah bersih dari pajak dan biaya yang terjadi karena transaksi jual beli instrumen investasi
7.    Praktis, investasi reksa dana bisa dibeli secara daring. 

Dalam melakukan investasi reksa dana, tiap-tiap individu memiliki karakter yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tipe investor: 
1.    Konservatif. Untuk Anda yang tidak ingin mengalami kerugian besar dalam berinvestasi, Anda bisa menanamkan dana Anda pada instrumen pendapatan tetap dan pasar uang. 
2.    Moderat. Tipe ini adalah tipe yang  ingin mendapatkan imbal hasil yang besar namun dengan risiko menengah. Profil risiko ini bisa memilih instrumen investasi reksa dana campuran. 
3.    Agresif. Pada profil risiko ini dapat menerima risiko besar untuk mendapatkan return besar. Cocok untuk berinvestasi di reksa dana saham. 

Lantas, apa saja jenis investasi reksa dana yang bisa manfaatkan? 

1.    Reksa dana pasar uang

Ini dalah instrumen investasi yang banyak dipilih oleh investor pemula karena memiliki risiko paling rendah, namun keuntungannya pun terbilang kecil. Mengapa? Karena jenis investasi reksa dana ini mayoritas menanamkan dana ke pasar uang seperti deposito dan surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun. 

2.    Reksa dana pendapatan tetap
Jenis reksa dana ini mengalokasikan dana ke obligasi milik pemerintah, sisanya digelontorkan pada instrumen pasar uang yang yang stabil pergerakannya. Sama dengan pasar uang, investasi reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko kecil namun dengan imbal hasil cukup besar. Bisa mencapai kurang lebih 10% dalam kurun waktu satu tahun. 

3.    Reksa dana campuran 
Investasi reksa dana jenis ini memiliki return yang lebih besar dari pendapatan tetap dan lebih rendah dibandingkan saham. Risiko instrumen ini cukup besar. Dana  digelontorkan ke beberapa instrumen yaitu saham, obligasi, dan pasar uang. Reksa dana ini biasanya dipilih para investor yang ingin mendapat untung dari pasar saham dan obligasi.

4.    Reksa dana saham
Jenis ini dikenal dengan high risk high return, keuntungan dan risikonya sama-sama tinggi. Instrumen ini mengalokasikan dana ke pasar saham. 

Sudah mengerti mengenai investasi reksa dana? Segera berinvestasi reksa dana bersama Sequis Asset Management. Untuk informasi lebihd etail bisa dilihat di www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?