Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Berkah Ramadan, Yuk Terbuka Soal Finansial dengan Pasangan

14 April 2023



Puasa pada Ramadan melatih fisik dan spritual seseorang. Selain soal ibadah, orang yang berpuasa dilatih untuk senantiasa berkata dan berbuat jujur. Tak hanya untuk diri sendiri. Pun untuk orang lain.

Jujur mengenai finansial kepada pasangan juga bentuk 'ujian' yang harus dihadapi oleh seseorang. Memang, membicarakan mengenai finansial/pendapatan ‘gampang-gampang susah’. Terutama bila membahasnya dengan pasangan yang belum sah sebagai istri/suami. Di sebagian orang, membahas pendapatan bisa dicap materialistis atau justru muncul rasa malu bila penghasilannya lebih rendah dari pasangan.

Bila Anda serius menuju ke jenjang pernikahan, perasaan-perasaan seperti itu harus dihilangkan. Sebab, membahas finansial/pendapatan dengan pasangan wajib dilakukan agar tujuan finansial serta proses mengelola uang pada masa depan bisa dilakukan dengan baik.

Baca Juga
Manfaat Asuransi untuk Pasangan yang Baru Menikah
Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki Pasangan Ingin Menikah
Daftar Asuransi yang Cocok untuk Pasangan Baru Menikah
Tips Investasi Jangka Panjang untuk Pasangan Muda
Ini Manfaat Reksa Dana untuk Pasangan Muda

Nantinya, obrolan mengenai finansial bisa berujung ke rencana menabung dan pengeluaran selama berkeluarga. Termasuk untuk mencapai target finansial, seperti membeli rumah, membeli kendaraan baru, serta menyiapkan dana pendidikan ketika sudah memiliki anak.

Selain soal nominal, pasangan juga perlu jujur soal utang dan piutang yang sedang dimiliki. Sebab, utang piutang akan memengaruhi cash flow bulanan. Bila sebelum menikah sudah memiliki cicilan, sebaiknya tentukan cara menyelesaikan utang tersebut agar bisa diselesaikan dengan cepat sebelum memiliki utang yang lebih besar seperti KPR atau cicilan mobil.

Tanggungan juga perlu dibahas. Misalnya harus membiayai adik hingga lulus kuliah atau orang tua akan ikut serumah. Hal ini harus didiskusikan karena membutuhkan biaya tambahan dari cash flow Anda.

Urusan finansial yang perlu dibicarakan adalah mengenai asuransi dan investasi. Sebab berasuransi bisa mencegah uang tabungan Anda dan pasangan tergerus bila sewaktu-waktu sakit. Berinvestasi juga pantang dilupakan agar nilai dari uang yang Anda miliki pada saat bisa berkembang dan ini tidak menyusut pada masa depan.

Mulailah terbuka dengan pasangan untuk masalah keuangan, sebab uang merupakan topik yang sangat sensitif. Anda dan pasangan dapat meminta bantuan Sequis untuk konsultasi perencanaan keuangan atau ingin memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta asuransi pendidikan terbaik.  Caranya dengan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Anda juga bisa langsung konsultasi dengan agen Sequis melalui layanan Find Agent.

Butuh bantuan ?