Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Perempuan Perlu Belajar Mengelola Keuangan

3 Agustus 2022



Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai perempuan adalah pelaku penting dan besar di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Menurut data dari Kemenkeu di tingkat usaha mikro, 52%  dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan. Untuk tingkat usaha kecil, 56% dari 193 ribu pelaku usaha kecil adalah perempuan. Sementara, untuk usaha menengah, 34% dari 44,7 ribu pelaku usahanya adalah perempuan.

Dari data tersebut membuktikan bahwa perempuan berkesempatan besar menjadi pengusaha. Persentase tersebut bisa makin membesar bila perempuan paham mengenai cara mengelola keuangan. Sebab, pengelolaan keuangan tidak hanya berguna saat memiliki usaha tapi juga dalam mengatur anggaran keluarga agar tidak besar pasak daripada tiang. Dengan memiliki pemahaman dan disiplin menjalankan pengelolaan keuangan, masyarakat akan mengetahui cara mempersiapkan kondisi keuangan pada masa depan.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Salah satu pengelolaan keuangan yang dianjurkan oleh beragam perencana keuangan adalah dengan mengenai asuransi. Bisa dalam bentuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Bisa pula memiliki keduanya. 
Dalam bagan pengelolaan keuangan, asuransi berada di posisi ketiga setelah tabungan dan dana darurat. Posisi asuransi masih di atas investasi. Artinya, masyarakat harus lebih dulu memiliki tabungan, dana darurat, dan asuransi sebelum terjun ke dunia investasi. 

Dalam praktiknya, asuransi kesehatan berguna untuk melindungi kesehatan dan risiko finansial yang bisa timbul akibat biaya kesehatan. Sedangkan asuransi jiwa berfungsi sebagai pelindung finansial keluarga bila sewaktu-waktu muncul musibah yang menimbulkan cacat total atau meninggal dunia.

Baca Juga
Tips dari OJK untuk Mengenali Ciri-Ciri Investasi Bodong
Tiga Investasi Jangka Panjang yang Layak Dilirik Anak Muda
Perubahan Tren Generasi Milenial Mengatur Keuangan
Kiat Investasi Jitu untuk Sandwich Generation
Prioritaskan Dana Darurat atau Investasi Jangka Panjang?

Perempuan sebagai pengelola keuangan keluarga perlu cerdas mengatur finansial agar pendapatan keluarga dapat memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga pada masa sekarang serta mempersiapkan masa depan, seperti pendidikan anak hingga masa pensiun. Ingat, asuransi adalah salah satu alat untuk melindungi finansial saat ini dan masa depan.

Butuh bantuan ?